BAHASA INDONESIA MENARIK MINAT MASYARAKAT DUNIA UNTUK DIPELAJARI

Oleh : Sofia Kurnia Sari, S. Pd

Bahasa Indonesia adalah Bahasa Ibu bagi warga negara Indonesia. Hal itu mengakibatkan banyak masyarakat dari berbagai kalangan untuk mempelajari Bahasa Indonesia, baik dari masyarakat yang tinggal di desa, maupun diberbagai wilayah terpencil sekalipun. Selain sebagai alat komunikasi, Bahasa Indonesia juga merupakan media utama interaksi dari beberapa kebutuhan masyarakat. Itulah sebabnya mengapa masyarakat sudah sadar diri untuk belajar Bahasa Indonesia yang benar.

Bahkan, saat ini Bahasa Indonesia memegang peranan penting karena statusnya sebagai bahasa asing di dunia internasional. Sudah banyak warga asing yang tertarik untuk mempelajari Bahasa Indonesia dengan alasan mudah dipahami dan mudah dalam pelafalannya. Banyak negara asing yang memiliki Bahasa yang hampir mirip dengan Bahasa Indonesia dalam pengucapannya, seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam, serta berbagai komunitas di benua lain yang menggunakan Bahasa yang pengucapannya hampir sama dengan Bahasa Indonesia.

Selain itu, saat ini juga sudah banyak sekolah-sekolah di Luar Negeri yang mengajarkan peserta didiknya untuk mempelajari Bahasa Indonesia. Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Andri Hadi mengemukakan bahwa Bahasa Indonesia diperkirakan sudah diajarkan kepada peserta didik di 45 negara. Diantaranya adalah Australia, Kanada, Amerika Serikat, dan masih banyak lagi.

Korea Selatan adalah salah satu contoh negara yang sangat tertarik mempelajari Bahasa Indonesia, hal itu didukung dengan adanya beberapa Universitas yang ada di Korea Selatan menawarkan program studi Bahasa Indonesia. Selain di Korea Selatan, Jepang juga meupakan salah satu negara yang tertarik dengan Bahasa Indonesia. Hal itu dapat dibuktikan dari banyaknya idol jepang yang mempelajari Bahasa Indonesia.

Sekarang, kita hanya perlu menambah pengetahuan orang asing terhadap Bahasa Indonesia melalui modul-modul Bahasa Indonesia yang bisa kapanpun kita bagikan di internet, sehingga warga negara asing bisa mengakses dan mempelajari Bahasa Indonesia di mana dan kapan saja. Selain itu, Pusat Kebudataan Indonesia juga sangat membantu dan penting agar banyak warga asing yang belajar lebih banyak tentang Indonesia.

Melalui jalur pendidikan yang merupakan salah satu prioritas dalam memperkenalkan Bahasa Indonesia kepada khalayak internasional. Hal tersebut dapat direalisasikan melalui program belajar Bahasa Indonesia, yang sering disebut dengan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing). BIPA merupakan program belajar Bahasa Indonesia untuk warga asing yang berada di dalam maupun luar negeri.

Oleh karena itu, kita sebagai warga negara Indonesia asli, harus menjaga dan melestarikan Bahasa Indonesia di manapun kita berada. Karena sudah banyak warga asing yang bangga menggunakan Bahasa Indonesia. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk kita tidak menggunakan Bahasa Indonesia dalam hal apapun. Kita sebagai masyarakat juga harus berperan dalam melestarikan budaya dan Bahasa Indonesia, agar tidak dikuasai dan dilestarikan oleh negara lain.

Tebarkan Kebaikan