BUPATI PATI LEPAS KONTINGEN SAKO PRAMUKA SIT JATENG

PATI – Lantunan hymne pramuka pagi itu berkumandang di pendopo kabupaten Pati. Terlihat puluhan siswa penggalang bersama para pembina berjajar khusyu mengikuti upacara.

Satyaku kudarmanakan…

Darmaku kubaktikan…

Agar jaya Indonesia…

Indonesia tanah airku…

Aku jadi pandumu…

Hadir di tengah-tengah mereka Bupati Pati Haryanto selaku ketua Majlis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka kabupaten Pati yang juga didampingi oleh ketua kwartir cabang gerakan pramuka kabupaten Pati Sugiyono. Kehadiran mereka ke pendopo kabupaten Pati dalam rangka mengikuti upacara pelepasan kontingen kemah ukhuwah wilayah Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu Jawa Tengah yang akan dilaksanakan di Taman Wisata Dayu Park, Sragen.

Bupati Pati Haryanto Memberikan Sambutan dan Arahan

Peserta upacara yang hadir adalah kontingen dari SD dan SMP yang tergabung dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia kabupaten Pati. Mereka datang dari pangkalan SDIT Lentera Hati Gabus, SDIT Umar bin Khattab Juwana, SDIT Salman Al Farisi Tayu, dan SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Pati serta SMPIT Insan Mulia Pati. Sebanyak 90 pramuka penggalang akan mengikuti Kemah Ukhuwah selama 5 hari, dari tanggal 4-8 November 2019.

Kegiatan kemwil ini adalah agenda rutin Sako Pramuka SIT wilayah Jawa Tengah yang ke-8. Agenda kegiatan untuk membentuk karakter siswa-siswi Sekolah Islam Terpadu se Jawa Tengah agar mempunyai ikatan persaudaraan yang kuat antar sesama dan juga kepedulian terhadap kondisi bangsa. Selain itu, kegiatan-kegiatan yang memupuk jiwa patriotisme, kedisiplinan, tangguh, tangkas juga akan banyak digelar agar semangat nasionalisme siswa-siswi semakin kuat, terus berprestasi demi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya Bupati Pati selaku Ka. Mabicab mengingatkan agar siswa-siswi memupuk rasa percaya diri karena kontingen ini adalah siswa-siswi pilihan yang telah digembleng oleh para pembinanya. Tidak lupa, menyikapi kemarau yang panjang ini Bupati juga berpesan agar siswa-siswi menjaga kesehatan. “Karena musim kemarau yang panjang ini, walaupun ada tenda, tapi kalian tidak bisa berteduh seperti di pendopo ini, tentunya lebih panas. Oleh karena itu perbanyak minum air putih, jangan banyak minum es. Bisa-bisa malah pulang dalam kondisi kena flu”, pesan Bupati.

Kegiatan diakhiri dengan pelepasan secara resmi kontingen kemwil sako Pramuka SIT cabang Pati dengan pemakaian jaket peserta yang dilaksanakan oleh Bupati Pati kepada perwakilan 2 orang peserta. [TP/ZJ]

Tebarkan Kebaikan
whatsapp