HARDIKNAS: SETELAH LULUS, APA YANG AKAN DIKENANG ADIK KELASMU?

PATI – Selama apapun hidup seseorang pasti akan berlalu, mati. Kemudian sejarah angkat bicara bahwa pahlawan gugur meninggalkan kenangan baik. Pertanyaannya, setelah kalian lulus dari sini, apa yang layak dikenang adik-adikmu?

Demikian petikan sambutan Pembina Upacara Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS), Kepala SMP IT Insan Mulia, Ustadz Nanang Kosim, S.H.I., M.Pd di hadapan peserta Upacara (2/5).

Dalam sambutannya Ustadz Nanang menyampaikan kepada siswa agar meneladani semangat kepahlawanan Ki Hadjar Dewantara, ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani (Seorang pemimpin harus bisa memberikan contoh bagi orang-orang di sekitarnya, seseorang di tengah kesibukannya juga harus mampu membangkitkan atau menggugah semangat, seseorang harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang).

Setiap kita harus meninggalkan kebaikan! Alangkah ruginya jika kejelekan atau keburukan yang ditinggalkan. Karena setiap orang yang mendengar nama Fir’aun, Qarun, Abu Lahab, Abu Jahal yang terkenang hanyalah sifat negatif, bahkan tak sedikit pembaca sejarah yang melaknat mereka,” tutur Ustadz Nanang.

Ustadz Nanang juga menghimbau kepada para siswa agar meneladani kisah Luqman dan Keluarga Ali Imran yang termaktub dalam Al-Qur’an.

Sebagai penutup sambutan Ustadz Nanang menyampaikan pentingnya akhlakul karimah yang menjadi tolok ukur keberhasilan pendidikan. “Pendidikan yang baik itu harus menyentuh akhlak, karakter. Jika sudah pinter, maka harus baik akhlaknya agar tidak celaka seperti iblis, Fir’aun, Qarun dll. Jadi jika nilai hebat tak didukung akhlak maka gak ada apa-apanya,” Pungkasnya. (mz/mz)

Tebarkan Kebaikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

whatsapp