Kerjakan dengan Baik! Nilai USBN akan Terkenang Selamanya

PATI – Dalam kesempatan mengawasi pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di ruang 3/9A SMP IT Insan Mulia, salah satu pengawas, Ustadz Solichin, S.Pd.I menghimbau para siswa agar mengerjakan soal demi soal dengan baik demi tercapainya hasil maksimal.

Kerjakan dengan baik dan hati-hati, karena nilai USBN itu akan terkenang selamanya!” tutur Ustadz Solichin usai membacakan Tata Tertib USBN.

Hal ini sebagaimana dilansir dari pernyataan Mendikbud melalui KOMPAS.com (04/04/2015, 16.00) meski kelulusan sekolah diatur oleh sekolah, namun kontribusi USBN terhadap kelulusan bisa mencapai 80 persen.

Apalagi 30 persen soal USBN mengusung tipe soal High Order Skills (HOTS) dengan tingkat kesulitan tinggi yang menuntut perkembangan pola pikir dan nalar siswa dalam menyelesaikan masalah.

Selajutnya rincian soal USBN kali ini berupa pilihan ganda dan esai, sejumlah 75-80 persen soal berasal dari provinsi dan 20-25 persen dari Kemendikbud.

Sedangkan alokasi waktu pengerjaan soal: Bahasa Indonesia dengan 50 butir soal alokasi waktu 120 menit, Bahasa Inggris dengan 50 butir soal: 120 menit, Matematika dengan 40 butir soal: 120 menit dan Ilmu Pengetahun Alam dengan 40 butir soal: 120 menit. (mz/mz)

Tebarkan Kebaikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

whatsapp