MANTAPKAN PERSIAPAN RAKER, SMP IT INSAN MULIA GELAR IHT

PATI –  Segala hal perlu dipersiapkan sebaik mungkin, termasuk pelaksanaan Rapat Kerja (raker) SMP IT Insan Mulia Tahun Pelajaran 2019/2020. Maka demi menyukseskan kegiatan tersebut SMP Insan Mulia menggelar In House Training (IHT) terlebih dahulu guna meningkatkan pengetahuan para pendidik dalam mengevaluasi sekaligus merancang kegiatan selama setahun ke depan.

IHT SMP Insan Mulia kali ini (25/6) mendatangkan Pengawas SMP dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati, Sujono Setyawan, S.Pd., M.Pd., untuk menyampaikan materi tentang Kebijakan dan Dinamika Perkembangan Kurikulum 2013, Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013, Strategi Literasi dalam Pembelajaran di SMP, Penilaian Autentik dan Penulisan Soal HOTS.

Idealnya, menurut Sujono, materi sebanyak itu biasanya disampaikan dalam waktu enam hari. Namun dengan metode sharing dan tanya jawab materi-materi tersebut mampu terselesaikan hanya dalam waktu 4 jam saja dimulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB dengan proyektor sebagai alat bantu.

Terus terang saya mendapatkan materi ini selama 6 hari waktu pelatihan. Tapi dengan metode sharing dan tanya jawab, Anda semua dapat menangkapnya hanya dalam waktu 4 jam saja, luar biasa,” terang Sujono kepada para peserta pelatihan.

Usai mengikuti In House Training (IHT), seluruh peserta pelatihan melakukan foto bersama (25/6). Tampak Pengawas SMP Kab. Pati, Sujono Setyawan, S.Pd., M.Pd., (tujuh dari kiri) dan Kepala SMP IT Insan Mulia (sembilan dari kanan).

Meski di tengah-tengah penyampaian materinya terjadi pemadaman listrik hingga kegiatan selesai, namun IHT tetap berjalan dengan lancar dengan menggunakan alat bantu sound baterai.

Menjelang penutupan materi Sujono mengharapkan agar semua peserta pelatihan menggunakan waktu senggang liburan untuk mempersiapkan dan membenahi perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP dan sebagainya.

Selain itu, Sujono juga menitipkan pesan kepda Kepala SMP IT Insan Mulia untuk senantiasa mengajak para guru mempertahankan dan meningkatkan prestasi-prestasi yang telah diraih. “Saya nitip kepada Ustadz Nanang sekalu kepala sekolah, karena SMP IT Insan Mulia ini sudah berturut-turut masuk 10 besar, saya berharap dipertahankan dan ditingkatkan. Kunci utama sukses adalah kedisiplinan,” tutur Sujono.

Sebelum acara IHT ditutup dengan doa penutup majelis, tak lupa, Kepala SMP IT Insan Mulia, Ustadz Nanang Kosim, S.H.I., M.Pd., menyambut arahan dari Pengawas SMP tersebut dengan ucapan terimakasih dan mendoakan agar Bapak Sujono Setyawan S.Pd., M.Pd., senantiasa diberikan kesehatan dan berkah ilmunya. (mz/zj)

Tebarkan Kebaikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

whatsapp