MENGENAL PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN SMP IT INSAN MULIA PATI (bag. 2)

“Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka Apakah kamu tiada memahaminya?”. (Al-Anbiya:10)

Barang siapa yang disibukkan oleh al qur’an dan berdzikir kepadaku dari pada meminta kepadaku, maka Aku berikan kepadanya dengan pemberian yang lebih baik dari pada yang di berikan kepada orang orang yang meminta, dan keutamaan kalam Allah SWT atas perkataan yang lain adalah seperti keutamaan Allah Ta`ala atas makhluknya,(HR. Tirmidzi)

Sambutan masyarakat terhadap lembaga pendidikan berbasis al qur’an kian hari kian baik. Di tengah gempuran lingkungan yang terkadang tak selalu ideal, alhamdulillah semakin banyak keluarga yang mendambakan anak-anaknya menjadi penghafal qur’an. Ini adalah sebuah tren positif.

SMP IT INSAN MULIA PATI, adalah salah satu lembaga yang konsen dengan program tahfidz dengan konsep boarding (asrama), selain tentunya tetap dibuka kelas regular. Ini adalah bentuk jawaban keluarga besar Abu Bakar Group (ABG) Pati, atas kebutuhan masyarakat akan lembaga tahfidz yang tidak sekedar menghasilkan lulusan yang mampu membaca al qur’an tanpa membuka mushaf (hafal). Melainkan juga menjadi penghafal qur’an yang tetap memiliki prestasi akademis tinggi, disiplin, berakhlaq karimah, dan tentunya menjadi motor penggerak kebaikan kelak di masyarakat.

Visi besar program tahfidzul qur’an SMP IT INSAN MULIA PATI adalah “Mencetak Generasi Hafidz Qur’an yang Tarbawi”. Untuk mencapainya dibentuklah tiga landasan utama. Pertama, mendidik siswa untuk cinta dan hafal al qu’an. Jadi sebelum beranjak ke program hafalan qu’an, pertama kali yang dilakukan adalah menumbuhkan kecintaan kepada al qur’an, merasakan keagungannya, berinteraksi dengannya, serta menjadikan al qur’an sebagai sahabat setia di siang dan malam. InsyaAlloh, selanjutnya akan lebih mudah dan menyenangkan karena dimulai dengan rasa cinta kepada al qur’an.

Kedua, menyelenggarakan pendidikan berbasis nilai-nilai Tarbiyah Islamiyah. Yaitu sebuah proses pendidikan yang syumul (lengkap) dengan memadukan antara kurikulum nasional, kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT), serta kurikulum lokal program tahfidz quran. Siswa/santri tidak hanya menghafal al qur’an saja, melainkan juga didorong untuk aktif bersosialisasi dan berorganisasi, bakat dan minat tetap tersalurkan dalam program ekstra kurikuler. Selain itu, siswa/santri yang didampingi musrif di asrama, akan lebih mudah untuk mengajarkan adab dan akhlaq.

Ketiga, menyelenggarakan pendidikan modern berwawasan internasional. Agar siswa tidak seperti katak dalam tempurung, wawasan harus dibuka selebar-lebarnya. Pelaksanaan proses pendidikan pun tak seperti pesantren klasik saja, melainkan dengan konsep modern, baik kurikulum, metodologi mengajar, serta sarana prasarananya. Sementara wawasan internasional diajarkan dalam bentuk diskusi, event, dan outing.

Selain 3 misi besar di atas, SMP IT INSAN MULIA PATI juga memiliki tujuan-tujuan yang secara spesifik menjadi target dan evaluasi proses pendidikan tahfidz, yaitu :

  1. Mendidik siswa yang suka bersama al qur’an setiap waktu
  2. Mendidik siswa hafal al qur’an 20 Juz dalam kurun waktu 3 tahun
  3. Membiasakan siswa menghiasi ibadahnya dengan ayat-ayat al qur’an yang telah dihafalkan
  4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mampu memunculkan nilai-nilai karakter dalam diri siswa
  5. Membiasakan siswa hidup dalam masyarakat pesantren yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam
  6. Menyelenggarakan sistem pembelajaran modern untuk menguasasi ilmu pengetahuan dan teknologi
  7. Mendidik siswa penghafal al quran yang berprestasi akademik maupun non akademik
  8. Mendidik siswa yang mampu berkomunikasi dengan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sederhana dalam kehidupan sehari-hari

Sungguh ini adalah cita-cita kita bersama untuk menghadirkan generasi qur’ani yang tarbawi. Mewujudkannya diperlukan langkah-langkah kontinyu dan nafas yang panjang. Hasilnya pun tidak langsung instan. Tapi inilah proses pendidikan yang sebenarnya. “Nggak sekedar jadi hafidz !” adalah kalimat sederhana yang mewakili itu semua. [TP/ZJ]

Seperti apakah program kegiatan santri ? nantikan tulisan selanjutnya. Jangan lupa baca juga tulisan sebelumnya :

Update : Bag.3 Kegiatan Santri di link berikut ini :

Tebarkan Kebaikan
whatsapp