RILIS KEMWIL VIII SRAGEN, KAK ATIKOH: PRAMUKA TUMBUHKAN NASIONALISME

SRAGEN – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah Siti Atikoh Supriyanti Ganjar Pranowo membuka acara Kemah Ukhuwah Wilayah VIII Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Jawa Tengah yang bertempat di Halaman Taman Edukasi Ndayu Park Sragen, Senin (04/11).

Kemah yang akan berlangsung selama 5 hari sejak hari ini Senin (04/11) hingga Jumat (08/11) diikuti oleh 2.080 peserta yang terdiri dari siaga dan penggalang.

Upacara pembukaan dihadiri oleh Ketua Majelis Pembimbing Sako Pramuka SIT Nasional Sukro Muhab, Ketua Umum Sako SIT Nasional Mohammad Zahri, dan Ketua Kwarcab Sragen Dedy Endriyatno.

Dalam arahannya Kakak Atikoh menyampaikan ajang pramuka ini menjadi kesempatan untuk saling mengenal dan berbagi ilmu serta mempererat tali persaudaraan.

”Ini sangat positif, Pramuka sebagai pembentukan karakter dan pembekalan keterampilan hidup dan menumbuhkan rasa nasionalisme cinta tanah air dan bangsa,” terang Kak Atikoh yang sekaligus istri dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menurut Kak Atikoh masalah negara akan beres jika semua masyarakatnya memiliki jiwa pramuka.

”Semakin banyak Sako (Satuan Komunitas) pramuka, tentu tugas sebagai orang tua akan semakin ringan dalam mendidik anak. Karena sendi – sendi kehidupan mulai dari bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kehidupan bermasyarakat, bersosial dan kepedulian terhadap lingkungan ada semua di jiwa Pramuka,” pungkasnya.

Seluruh peserta Kemwil telah siap sedia

Sementara Ketua Kwarcab Sragen Dedy Endriyatno, menyampaikan melalui kegiatan kemah di Sragen ini bisa memperkuat gerakan pramuka di Jawa tengah.

”Kwarcab dalam hal ini ikut serta menyambut dan mendapat dukungan dari semua masyarakat Sragen,” terangnya.

Pihaknya menyampaikan kegiatan skala provinsi ini menjadi keuntungan Sragen untuk mempromosikan Sragen dengan menampilkan nuansa lokal.

”Dengan ada gerakan pramuka ini, nuansa lokal juga harus tampil,” tuturnya.

Rangkaian pembukaan ini juga dilaksanakan Pelantikan Majelis Pembimbing dan pengurus Satuan Komunitas Pramuka masa bhakti 2019 – 2023.

Penampilan Taekwondo oleh perwakilan peserta Kemwil

Selain itu juga ada pertunjukan atraksi taekwondo dan semaphore yang memeriahkan pembukaan Kemah Ukhuwah Wilayah VIII Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Jawa Tengah. [TP/ZJ]

Tebarkan Kebaikan
whatsapp