WONG KANG SOLIH KUMPULONO

Berkumpul dengan orang solih

Kehidupan ini selalu membutuhkan sentuhan orang lain agar bisa selalu dalam kebaikan. Nafsu selalu mengajak kpd jalan yang melalikan, sehingga hampir semua kebaikan tidak disenangi oleh nafsu. Contoh misalnya, saat enak-enaknya tidur disuruh bangun solat subuh, sedang seneng-senengnya dapat uang disuruh infak, dsb. Semua selalu bertentangan dengan keinginan nafsu yang ingin menjauhkan manusia dari kebaikan.

Hal inilah yang menjadikan kita membutuhkan teman dalam kebaikan. Teman yang akan terus membersamai dan menyemangati agar selalu berada dalam kebaikan.

Jangankan manusia-manusia lemah seperti kita, bahkan para Nabi yang jelas-jelas kesalihannya saja merindukan komunitas kebaikan, bahkan keluar dalam doa beliau.

Nabi Yusuf as. berdoa :

(۞ رَبِّ قَدۡ ءَاتَیۡتَنِی مِنَ ٱلۡمُلۡكِ وَعَلَّمۡتَنِی مِن تَأۡوِیلِ ٱلۡأَحَادِیثِۚ فَاطِرَ ٱلسَّمَـٰوَ ٰ⁠تِ وَٱلۡأَرۡضِ أَنتَ وَلِیِّۦ فِی ٱلدُّنۡیَا وَٱلۡـَٔاخِرَةِۖ تَوَفَّنِی مُسۡلِمࣰا وَأَلۡحِقۡنِی بِٱلصَّـٰلِحِینَ)
[Surat Yusuf 101]

Ya tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebagian ta’bir mimpi. (Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh.

Nabi Sulaiman as. berdoa :

(فَتَبَسَّمَ ضَاحِكࣰا مِّن قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوۡزِعۡنِیۤ أَنۡ أَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ ٱلَّتِیۤ أَنۡعَمۡتَ عَلَیَّ وَعَلَىٰ وَ ٰ⁠لِدَیَّ وَأَنۡ أَعۡمَلَ صَـٰلِحࣰا تَرۡضَىٰهُ وَأَدۡخِلۡنِی بِرَحۡمَتِكَ فِی عِبَادِكَ ٱلصَّـٰلِحِینَ)
[Surat An-Naml 19]

Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerja­kan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Nabi Ibrahim as. berdoa :

(رَبِّ هَبۡ لِی حُكۡمࣰا وَأَلۡحِقۡنِی بِٱلصَّـٰلِحِینَ)
[Surat Asy-Syu’ara 83]

(Ibrahim berdoa), “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh,

Begitulah, orang-orang yang baik selalu merindukan kebersamaan dengan orang solih. Sebab bersama dengan mereka adalah kenikmatan. Kumpul dengan orang solih akan diajak mendekat dengan akhirat. Sebab di akhiratlah kebahagiaan yang hakiki, di akhiratlah harta yang sejati.

Semarang, 13 Oktober 2019
Alfaqir,
nanangpati@yahoo.co.id

Tebarkan Kebaikan
whatsapp