Janganlah boros

#Artikel Ramadhan

#Hari ke 24

#Ust Danu

اِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ كَانُوْٓا اِخْوَانَ الشَّيٰطِيْنِ ۗوَكَانَ الشَّيْطٰنُ لِرَبِّهٖ كَفُوْرًا
Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.
Cara hidup sederhana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah tidak membelanjakan harta secara berlebihan namun tidak pula menjadi pribadi yang bakhil atau kikir. Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai pemimpin agama sekaligus negara namun ia adalah pribadi yang sangat sederhana, jauh dari hidup yang bermewah-mewah meski ia bisa saja melakukan hal tersebut.
Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung sejak awal tahun 2020, sudah menyeret perekonomian jatuh. Banyak perusahaan yang terpaksa gulung tikar karena terjangan pandemi ini. Akibatnya, banyak orang kehilangan pekerjaan dan tak jarang mengalami stres masalah keuangan karena pandemi.
Di antara cermin kehidupan di jaman modern, hidup boros dan bermewah sekarang ini adalah tenggelam dalam memenuhi kebutuhan sekunder secara berlebihan Contoh Mobil baru ,baju baru, rumah mewah, berfoya-foya.
Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita bahwa hal-hal yang bersifat materialistik tidak dilarang, tetapi itu seharusnya tidak menghalangi kita dari tujuan akhir kita, rumah nabi sangat sederhana begitupun baju dan makanannya juga sangat sederhana meskipun nabi Muhammad seorang khalifah / Raja pada masa itu.
Umat Muslim dianjurkan berhemat air dan tidak berlebih-lebihan dalam menggunakannya, meskipun air tersebut mengalir.

Pemborosan air wudhu dilakukan dengan menghambur-hamburkan air di atas kebutuhan dan menambah jumlah basuhan.

Perilaku hemat Membuat keuangan menjadi lebih stabil bisa diawali dengan menabung atau menerapkan gaya hidup hemat. Untuk itu, Anda harus selalu berhemat dalam segala hal terutama dalam mengendalikan keinginan dan gaya hidup.


Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menghemat uang atau penghasilan Anda setiap bulannya. Menghemat uang juga bisa menjaga keamanan finansial Anda di masa depan.

Oleh Ust Danu (Staff SMPIT INSAN MULIA)

Tebarkan Kebaikan
whatsapp