Momen Tahun Baru Hijriah, Mari Ingat Sejarah

haloo sahabat Inmul, apa kabar?

Semoga kita semua senantiasa Allah berikan kesehatanta dan umur yang berkah

Aaamiiin

hari ini adalah hari yang spesial, walaupun kita tidak liburan ya…?

Benar, hari ini adalah tanggal/ hari pertama kita memasuki tahun 1443 Hijriah, yakni penanggalan kalender dalam islam, kira-kira sahabat sudah tahu belum sejarah digunakannya kalender hijriah?

seperti yang dilansir dari laman NU Online Umat Muslim sendiri mengikuti tahun Hijriah, yang mana adalah nama lain dari tahun Qamariyah. Dan menetapkan dua belas bulan pada setiap tahunnya.

sebagaimana firman Allah: إن عدة الشهور عند الله اثنا عشر شهرا “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan… ” (QS At Taubah: 36)

Adapun nama Hijriah diambil dari hijrahnya Rasulullah ﷺ dari Makkah menuju Madinah. Sebab dengan hijrah ini, dipisahkannya antara yang benar dan yang batil.

Sebagaimana diceritakan Imam Ibnu al-Jauzi dalam kitabnya al-Muntadham fi Tarikh al-Muluk wal Umam (4/227), pada saat kekhalifahan Umar bin Khattab, dan kepengurusan negara telah tertata rapi, Sayyidina Umar pernah menerima sebuah dokumen yang bertuliskan Sya‘ban.

Sayyidina Umar berkata, “Yang dimaksud di sini, Sya‘ban yang mana? Yang lalu, akan datang, atau sekarang?” Kemudian Sayyidina Umar mengumpulkan para sahabat dan berkata kepada mereka, “Tetapkan tahun untuk masyarakat, yang bisa mereka jadikan sebagai acuan!”.

Ada yang mengusulkan agar menggunakan acuan penanggalan kalender bangsa Romawi. Namun, usulan ini dibantah karena penanggalan kalender Romawi sudah terlalu tua. Perhitungannya sudah dibuat sejak zaman Dzulqarnain (zaman sebelum Masehi).

Ada yang mengusulkan lagi agar menggunakan acuan penanggalan kalender bangsa Persia. Usulan ini juga dibantah karena setiap kali rajanya naik tahta, raja tersebut akan meninggalkan sejarah sebelumnya.

Akhirnya mereka sepakat dengan melihat berapa lama Rasulullah ﷺ hidup bersama mereka (di Madinah). Mereka mendapati bahwa beliau telah berada di kota Madinah selama 10 tahun. Maka dicatatlah penanggalan kalender Islam berdasarkan awal hijrah Rasulullah ﷺ, yang berarti bahwa peristiwa itu terjadi pada tahun ke-16 setelah hijrah.

#fulldayboardingschool

#pati

#jateng

#smpit

#InsanMulia

Tebarkan Kebaikan
whatsapp