SMPIT INSAN MULIA SABET JUARA UMUM KE-2 LOMBA MAPSI KABUPATEN PATI

SMPITINSANMULIA.SCH.ID – Maret – April 2021, telah dilaksanakan lomba MAPSI (Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam) tingkat Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Pati. Acara diikuti oleh seluruh SMP se-Kabupaten Pati. Pada kesempatan ini, 7 cabang lomba dipertandingkan yaitu lomba Cerdas Cermat Agama Islam (CCAI), pidato putra dan putri, tilawah putra dan putri serta tartil putra dan putri.  Masih dalam suasana pandemi Covid-19, lomba dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama adalah penyisihan yang dilaksanakan secara online pada bulan maret 2021dengan teknis peserta mengirimkan rekaman kepada panitia, kemudian enam peserta terbaik akan diajukan dalam babak final. Babak final dilaksanakan secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Di babak penyisihan, SMPIT Insan Mulia berhasil mengirimkan perwakilannya pada semua cabang lomba kecuali tartil putri. Semuanya (kecuali tartil putri) mampu menembus empat besar, bahkan cabang tilawah putra dan Cerdas Cermat Agama Islam (CCAI) menempati urutan pertama.

Di babak final yang diselenggarakan pada tanggal 30 maret sampai 1 April 2021 di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Pati, SMPIT Insan Mulia berhasil mendapatkan menempati juara umum ke-2 dengan perolehan : juara 1 medali emas dari cabang tartil putra atas nama Muhammad Zaid Robani,, 2 medali perak dari cabang tilawah putra atas nama Muhammad Faisal Fajrul Asfiya, Cerdas Cermat Agama Islam (CCAI) atas nama Zumayya Jilan, Rosyida Wulan, dan Muhammad Adam Jordhan. Satu medali perunggu dari cabang tilawah putri atas nama Nafisatun Nisa. Melengkapi dominasi SMPIT Insan Mulia dalam lomba MAPSI tahun 2021 dicabang pidato putri yang menempatkan Nurin Asyifa pada juara harapan 1 dan Muhammad Azzam Ihsanul Fikri pada juara harapan 3 cabang pidato putra.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten pati, Winarto dalam sambutan penutupan menyampaikan bahwa dengan kegiatan lomba ini diharapan agar pendidikan dasar agama dan moral pada anak semakin tertanam dan menjadikan siswa pribadi yang lebih baik lagi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk pribadi dan karakter Islami sehingga siswa tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus yang berkualitas. Dengan adanya lomba MAPSI pula memberikan wadah untuk siswa berkarya, berprestasi, dan berekspresi dalam kebaikan dan kemajuan diri. “Bagi peserta yang belum menang, kami berharap menerima keputusan dewan juri yang telah dipilih dengan melibatkan orang yang professional di bidangnya. Selanjutnya para guru bisa menyiapkan anak didiknya lebih baik lagi agar tahun depan bisa mendapatkan juara”, imbuh kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Pati.

Nanang Kosim, kepala SMPIT Insan Mulia menyampaikan rasa syukur atas perolehan kontingen MAPSI yang sangat membanggakan. “Terima kasih kami ucapkan kepaada semua tim lomba MAPSI, bapak dan ibu pembimbing dan pendamping yang telah mencurahkan segala kemampuan untuk membimbing anak-anak, serta doa seluruh keluarga besar SMPIT Insan Mulia. Semoga keberhasilan ini mampu memberikan motivasi kepada semua guru untuk bekerja keras mengantarkan putra-putrinya menuju kesuksesan dalam lomba lainnya yang diadakan MGMP masing-masing mata pelajaran.”, imbuhnya. [zj/zj]

lomba MAPSI
Tebarkan Kebaikan
whatsapp