TERUSLAH MURAJAAH, DIMANAPUN KAPANPUN


Edisi Tip’s Menghafal

Allah swt. berdirman :

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِياماً وَقُعُوداً وَعَلى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّماواتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنا مَا خَلَقْتَ هَذَا باطِلاً سُبْحانَكَ فَقِنا عَذابَ النَّارِ (191)

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. QS. Ali Imran:191

Ayat ini memotivasi kita agar senantiasa mengisi waktu dengan memperbanyak dzikir kepada Allah swt. Entah itu dalam kondisi berdiri, duduk, berbaring, berjalan, diam, tetaplah berdzikir kepada-Nya. Entah di pasar, mall, kantor, rumah, bahkan di perjalanan, teruslah memingat Dia. Kondisi ini mengantarkan manusia kepada derajat yang tinggi sebagai ulul albab (orang yang berakal). Derajat ini tentulah juga disebabkan karena intensitasnya dalam menyatukan diri dengan sang penguasa alam semesta.

Bagi penghafal Alquran, ayat ini menjadi motivasi yang sangat kuat untuk senantiasa mengulang-ulang hafalannya. Target utama baginya adalah DZIKIR. Ayat-ayat yang kekuar dari bibirnya tidak lain adalah untaian dzikir-dzikir indah yang akan menyirami hati dan mengalirkan pahala yang tiada pernah terhenti.

Maka, seorang oenghafal Alquran bisa memanfaatkan waktu-waktunya untuk sekedar mengulang-ulang hafalan. Ingat, menghafal=mengulang. Semakin banyak pengulangan, maka yang pasti pahalanya semakin banyak, dan bonusnya hagalannya semakin lancar. insyaallah.

Pandai-pandailah mencuri waktu untu murajaah. Bahkan pada saat perjalanan anda ke suatu tujuan itu bisa mendatangkan pahala yang tiada terkira. Bisa dibayangkan, bila setiap hari anda melakukan perjalanan ke tempat kerja selama 30 menit, maka bisa jadi anda mampu murajaah 1 juz tanpa harus duduk manis menyediakan waktu khusus. Berangkat 1 juz, bagaimana perjalanan pulangnya? Bisa jadi anda juga akan sukses murajaah 1 juz berikutnya.

Demikian juga anda bisa memanfaatkan waktu perjalanan untu sekedar mengulang hafalan baru yang mungkin hanya 1 halaman atau bahkan 1 ayat. Kalau 1 ayat itu terulang selama perjalanan 30 menit itu, terbayang kan??? Insyaallah lancar ayat yang baru dihafal itu.

Ini baru perjalanan ke tempat kerja, belum.lagi perjalanan lain atau bahkan ketika mengantar istri belanja ke mall. Gak usah ikut-ikutan milih belanja lah, cukup kasih uangnya dan anda jadi pengikut yang sedia sambil komat kamit melancarkan beberapa ayat yang harus banyak diulang. Hehehe…

Begitulah saudaraku, dengan memperbanyak dzikir itu, para penghafal Alquran akan memanen banyak kebaikan dari dzikirnya melalui ayat-ayat Alquran yang indah.

Semoga Allah menjadikan kita ahlul Quran. Amin.

Kayen, 24/12/2019
Pelayan Ma’had Tahfidzul Quran Insan Mulia Pati
nanangpati@yahoo.co.id

Tebarkan Kebaikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

whatsapp