Urgensi Menghafal Alquran

πŸ‡΅πŸ‡³πŸ‡΅πŸ‡ΈπŸ‡²πŸ‡¨πŸ³πŸ΄πŸπŸš©

1. menjaga kemutawatiran AL QURAN

Sungguh mulia manusia yang dijadikan Allah menjadi penjaga orisinalitas kitabullah. Karena yang tahu bacaan atau tulisan ayat benar atau salah adalah orang yang hafal Alquran.

Janji Allah untuk menjaga orisinilitas kitab-Nya sampai hari kiamat pasti benar. Maka sepanjang zaman akan selalu ada orang-orang yang di dalam hatinya tersimpan ayat-ayat yang suci.

Andakah salah satunya?

2. meningkatkan kualitas umat

Para sahabat adalah generasi terbaik (khoira ummah) sebab hati mereka dipenuhi Alquran, kehidupan mereka adalah aplikasi nilai-nilai qurani

Maka, tidak ada jalan lain bagi umat di sepanjang zaman ini untuk meraih kemuliaan kecuali dengan jalan yang telah ditempuh oleh manusia-manusiasebelumnya.

“sesungguhnya Allah mengangkat derajat suatu kaum dg kitab ini (alquran) dan merendahkannya (dg ini pula) – al hadis”

3. Menjaga terlaksananya sunah Rasulullah

4. Menjauhkan mukmin dari sifat laghwu (ttidak ada nilainya di sisi Allah)

Salah satu sunah Rasulullah adalah berinteraksi intensif bersama Alquran. Beliau terbiasa shalat dalam waktu yang lama dengan membaca ayat-ayat yang panjang. Demikian juga beliau terbiasa tilawah Alquran, mendengarkan bacaan alquran dari seorang sahabat, menghatamkan Alquran yg waktu yang pendek, dan sebagainya. Semua itu akan mudah kita lakukan ketika ada komitmen menyimpan ayat-ayat Allah di dalam relung hati kita.

Nilai seorang mukmin di sisi Allah tergantung komitmenya bersama sang pencipta. Waktu yang senantiasa diisi dengan kalam Allah akan menjadikan investasi amal yang sangat besar.

Bisa kita bayangkan, ketika perjalanan kita diisi murajaah, istirahat kita sambil melancarkan sebuah ayat, shalat kita tidak hanya surat-surat pendek…. subhanallah,tentunya kita ajan terhindar dari kesia-siaan waktu dan usia. Rasullah sampaikan “satu huruf=10 kebaikan”

5. Melestarikan budaya salafus shalih

Sejarah para sahabat, tabiin, dan para ulama’ begitu dipenuhi dengan kisah-kisah manusia yang mempunyai interaksi istimewa bersama Alquran.
✨ umar bin khatab yang murajaah bersama budaknya dalam sebuah perjalanan
✨ usman bin affan yang mengakhiri hidupnya dalam dekapan Alquran
✨ imam Hanafi yang istiqomah qiyamullail dengan 30 juz selama 40 tahun
✨ imam syafii yang selalu khatam Alquran 60 kali di setiap bulan ramadhan

Kisah-kisah itu cukuplah menjadi motivasi bagi kita untuk mempunyai cita-cita bisa bertemu dan berkumpul dengan mereka di surganya allah kelak.
ya allah kabulkanlah!

Bandara Ahmad Yani Semarang

13/3/2017

Tebarkan Kebaikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

whatsapp