Ada cerita menarik kmrn, saya sama seorang anak kls 8
Ketika murajaah juz 29 tak simak gak lancar dia bilang :
aku ini bingung us, kalau pelajaran aku disuruh ziyadah sama ustadz. Giliran sama ustadz aku disuruh murajaah, saya jadi gak fokus
Kemudian sama ambil uang. Saya tunjukkan 2 sisinya dan saya tanya : “mas, kl yg 1 sisi tak robek/tak tempel kertas putih polos masihkah bernama uang? Masihkan berharga?”
Itulah tahfidhul quran, dia punya 2 sisi yg tdk bisa dipisah, yaitu : ziyadah & murajaah
Dua-duanya harus berjalan beriringan.
Ziyadah saja tanpa murajaah pasti hilang,
Murajaah saja tanpa ziyadah, gak akan nambah-nambah dan bisa jadi gak lancar juga.
Lancar adalah buah dari pengulangan dan lamanya kita berinteraksi dengan ayat-ayat itu.
Maka dua-duanya harus jalan. Ada waktu ziyadah, ada waktu nambah.
#smpitinsanmuliaboardingschool
#patiJateng