BERSAMA AL QURAN BERLIMPAH PAHALA

=============================
Hari ke-6
30 Hari Mencari Inspirasi
Bahagia Bersama Alquran


Rasulullah saw bersabda :

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Artinya : Abdullah bin Mas’ud ra. berkata : Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan (alim lam mim) satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Lihatlah kemurahan Allah saw. kepada para pecinta Alquran, limpahan pahalanya begitu digelar untuk manusia. Hitungan pahalanya bukan berdasarkan berapa kali khatam atau berdasar juz atau surat yang dibaca. Namun, sesungguhnya pahala membaca Alquran diberikan berdasarkan jumlah huruf yang dibacanya. Tidak hanya itu, bahkan satu huruf itu akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan.

Kalau membaca alif lam mim saja sudah mendapaatkan tiga puluh pahala, bisa dibayangkan, kalau ada yang membaca basmalah, hanya membutuhkan waktu satu detik namun pahalanya sejumlah sembilan belas huruf dikalikan sepuluh, satu detik menghasilkan Sembilan puluh pahala. Bagaimana pula apabila ada seorang manusia yang hadir dalam jamaah dzikir, membaca surat al fatihah, al ikhlas, al falaq, an nas dan ayat-ayat lainnya, maka sesunguhnya majlis ini adalah majlis yang dipenuhi dengan paahala dari Allah swt. dengan lipatan pahala huruf demi huruf yang dibacanya dalam majlis tersebut.

Bayangkan pula, betapa banyaknya pahala jamaah yang berkumpul untuk membaca surat yasin dari awal ayat sampai akhir surat. Tentunya bagi manusia yang istiqamah membaca Alquran dengan sitiqamah setiap hari 1 juz akan mendapatkan pahala yang berlimpah.

Tidak hanya bagi orang yang mampu membaca Alquran dengan suara indah, bacaan yang bagus bahkan memahami kandungannya, bagi orang yang belum mampu ideal dalam membaca Alquran dengan baik, kondisi membacanya terbata-bata, tidak fasih, banyak kesalahan karena ketidak mampuannya merekapun tetap mendapat penghargaan dari Allah swt. Bukan dosa yang didapatkan, bahkan mereka mendapat dua pahala karena kesungguhannya berinteraksi bersama Alquran ini.

Inilah indahnya membaca Alquran, sebab tidak ada kehinaan di dalamnya. Selama tidak ada niat menyalah-nyalahkan bacaan atau menghinakan Alquran dengan bacaan yang sengaja disalahkan tetap saja akan mendapatkan pahala dari Allah swt.

Mari kita hidupkan hari-hari kita di bulan Ramadhan ini dengan banyak membaca Alquran semaksimal kemampuan kita.

××××××××××××××××××××××××××××
Pati, 18/4/2021
Pelayan SMPIT INSAN MULIA FULL DAY DAN BOARDING SCHOOL PATI JATENG
nanangpati@yahoo.co.id

Tebarkan Kebaikan
whatsapp