DASYATNYA KEKUATAN DOA

Oleh : Ety Candra Asmaranti, S. E

Doa merupakan permohonan dari seseorang hamba kepada Allah. Doa juga merupakan sebuah perintah dari Allah kepada ciptaan-Nya. Doa adalah kekuatan yang sangat dahsyat karena terhubung dengan yang Maha Kuasa. Doa adalah ibadah, doa adalah senjata, doa adalah obat, doa adalah kekuatan yang mampu menembus langit dan lautan. Atas ijin Allah, dengan doa segalanya menjadi mungkin terjadi. Ibunda Aisyah ra. Mengatakan “Mintalah kepada Allah bahkan meminta tali sendal sekalipun.” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’bul Iman 2/42).

Jika kita renungkan kembali, betapa dasyatnya kekuatan doa. Banyak sekali permasalahan yang sangat berat sekalipun dapat diangkat dan terselesaikan, sehingga menjadi sebuah kenyataan yang sangat indah apabila dilalui dengan sabar dan senantiasa berdoa kepada Allah dengan tulus. Sebagaimana firman Allah :

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran” (QS. Al Baqarah: 186).

Dengan doa, banyak sekali berbagai macam penyakit parah sekalipun bisa disembuhkan dan kesuksesan dapat diraih, karena doa yang dipanjatkan kepada Allah dengan keimanan yang mantap hal yang mustahil dapat menjadi kenyataan. Tidak ada yang dapat menolak dan merubah takdir kecuali doa. Allah akan menerima doa dari seorang hamba yang bersunggu-sungguh dan akan merubah takdirnya. Ketika Allah sudah berkehendak maka tidak ada yang dapat menghalangi-Nya. Sungguh besar kuasa Allah ta’ala.

Selain banyak pengertian doa diatas, doa juga merupakan ibadah dan setiap ibadah adalah permohonan kepada Allah. Pada hakikatnya doa adalah harapan, sehingga janganlah kita berputus asa jika doa kita tidak kunjung dikabulkan, bisa saja doa kita akan dikabulkan dalam bentuk yang lain dan diwaktu yang tepat. Yakinlah Allah maha mendengarkan doa kita dan Allah akan mencintai hamba-Nya yang selalu memohon dan berpasrah diri kepada-Nya. Aamiin ya rabbal alamin.

Tebarkan Kebaikan