Faedah Puasa Ramadhan

#HarI Ke 2

#Artikel Ramadhan

======================

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang sangat mulia, karena dibulan ramadhan terdapat peristiwa yang agung, yaitu Nuzulul Qur’an (Turunnya kitab suci Al-Qur’an). Al-Qur’an ini berfungsi sebagai nur (Cahaya), Huudan (Petunjuk) dan rahmat bagi manusia. Pada bulan ini umat islam diseluruh dunia diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa sebagaimana umat-uma sebelumnya. Hal ini sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta’ala dalam surat Al-Baqarah Ayat 183 sebagai berikut :
يا أيها الذين امنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون
Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertaqwa.”
Orang yang berpuasa seharusnya ialah orang yang berkeyakinan kuat bahwa puasanya dapat membuat Tuhannya ridha, atau minimal yakin ada pahala untuk puasanya. Kalau tidak, alangkah ruginya berpuasa hanya untuk menahan lapar dan haus.
Semua amal ibadah diganjar minimal 10 kali lipat dan bisa sampai 700 kali lipat dan seterusnya, kecuali puasa. Puasa merupakan ibadah yang hanya Allah sendiri yang tahu seberapa besar Ia akan mengganjarnya. Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda :
كل عمل ابن ادم يضاعف الحسنة بعشر أمثالها، إلى سبع مائة ضعف، قال الله عز وجل : الا الصوم فإنه لي وأنا أجزي به ، يدع شهوته وطعامه من أجلي
Artinya “Setiap amalan kebaikan manusia akan dilipat gandakan deengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman : kecuali puasa. Puasa ialah milik-Ku, Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku”
Dalam puasa di bulan suci ramadhan, terdapat beberapa faidah, yaitu :
Raf’ud darajat (Meninggikan derajat)
Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda :
إذا جاء رمضان فتحت ابواب الجنة وغلقت ابواب النار وصفدت الشياطين
Artinya : “Ketika bulan Ramadhan tiba, dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka dan setan pun dibelenggu.” (HR. Imam Muslim)
Takfirul Khothiat (Penghapus dosa)
Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda :
من صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه
Artinya : “Barangsiapa yang berpuasa dibulan suci ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Penulis : Ust Basith (Guru Bahasa Arab – SMPIT INSAN MULIA PATI)

Tebarkan Kebaikan
whatsapp