GURU BAGI PENGHAFAL AL QUR’AN

========================

Allah swt berfirman :

(فَوَجَدَا عَبۡدࣰا مِّنۡ عِبَادِنَاۤ ءَاتَیۡنَـٰهُ رَحۡمَةࣰ مِّنۡ عِندِنَا وَعَلَّمۡنَـٰهُ مِن لَّدُنَّا عِلۡمࣰا)

Artinya : Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami. (QS. Al Kahfi; 65)

Menghafal Alquran adalah meniti perjalanan panjang yang penuh liku. Tidak semuanya diwarnai dengan warna-warni pelangi yang indah, walaupun juga perjalanan tidak melalui gang horor yang menakutkan. Namun, perjalanan ini sungguh membutuhkan semangat yang berlipat-lipat agar bisa berakhir di finish dengan selamat. Kapan perjalanan ini berakhir? Menghafal itu sepanjang umur kehidupan. Sampai kita dipanggil oleh Allah swt, kemudian disuruh membaca ayat demi ayat sembari menikmati derajat-derajat kemuluaan yang disediakan-Nya di surga bagi shahibul Qur’an. Inilah yang disampaikan Rasulullah saw. :

Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu anhu, bahwa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِى الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

Artinya : Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) al-Qur’an nanti, ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya! Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal).” (HR. Abu Daud)

Dalam proses menghafal Alquran, guru mempunyai kedudukan strategis, yaitu :

1. Sebagai pembimbing

Alquran tentunya tidak bisa dipelajari dengan autodidak. Dia harus diajarkan secara talaqqi, berhadapan langsung antara guru dan murid untuk mengajarkan huruf demi huruf, kalimat demi kalimat dan bacaan demi bacaan. Itulah tabiat Alquran sebagaimana Rasulullah saw. diajarkan oleh malaikat Jibril secara langsung, bahkan setiap bulan Ramadhan beliau membacakan kembali ayat-ayat Alquran yang mulia itu.

Selain terkait bacaan, guru juga bisa membimbing metode menghafal agar lebih memudahkan proses hafalan. Guru yang telah mengalami lika-likunya menghafal Alquran tentu mempunyai banyak pengalaman yang bisa dimanfaatkan muridnya. Dari sinilah muncul berbagai metode yang sangat banyak. Namun pada intinya semua metode itu menuntut kepada para penghafal Alquran untuk senantiasa mengulang dan terus mengulang hafalannya. Inilah inti semua metode dan inilah tujuan menghafal Alquran.

Dalam kondisi tertentu keberadaan seorang guru sangat sangat dibutuhkan. Yaitu ketika muncul rasa futur. Ketika semangat itu tiba-tiba menghilang, tumpukan beban ayat yang muncul dan hilang begitu cepat sehingga menimbulkan rasa malas menghafal. Sempitnya jalan seakan memutuskan cita-cita untuk mendapatkan mahkota. Kehadiran guru akan mendatangkan pesan bahwa kita tidak sendiri. Sebagaimana orangtua, beliau akan hadir membelai, menasihati, menuntun sampai jalan di depan kembali bersinar. Bukan jalan ini yang buntu, namun kita hanya membutuhkan guide untuk menyibak semak belukar. Bukan jalanan yang menanjak, namun kita hanya butuh motivator untuk mampu merasakan tanjakan itu bak jalanan landai yang akan berakhir di sebuah taman yang dipenuhi dengan indahnya bunga warna-warni nan indah. Di sinilah kita membutuhkan guru.

2. Sebagai teman

Seindah apapun perjalanan akan menjadi hambar tanpa ada teman yang menemani. Penghafal Alquran butuh partner untuk setoran hafalan dan murajaah. Dengan adanya guru, kita akan malu kalau tidak nambah hafalannya. Kita akan sungkan ketika murajaah berulang-ulang namun tidak lancar juga. Kondisi ini menuntun kita untuk semakin serius dalam menjalani proses yang mulia. Tidak jarang, ada orang yang sudah lancar ketika menghagal sendirian, namun menjadi kocar kacir di hadapan gurunya. Hal ini bukan suatu aib, namun sesungguhnya sebuah wasilah yang kita siapkan Allah swt agar kita semakin sungguh-sungguh dalam menggapai rahmat-Nya.

Teman akan melengkapi kekurangan kita. Dia akan menghiasi setiap lorong dengan indahnya warna yang dihiasi semburat cahaya yang indah berkilau.

👉 Carilah guru, dan Temukan keindahan bersama Alquran

Pati, 3 Desember 2020
Pelayan SMPIT Insan Mulia Boarding School Pati
nanangpati@yahoo.co.id 081326595562

Tebarkan Kebaikan
whatsapp