Keutamaan Salat Berjamaah di Masjid Bagi Seorang Muslim

#Artikel Ramadhan

#Hari ke 22

# Ush Yuni


Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah..alhamdulillahirabbil’alamiin wabihi nastain wa’ala umuriddunya waddin wassholatu wassalamu ‘ala asrofil anbiyai wal mursalin wa’ala alihi wasohbihi ajmain amma ba’du.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa. Karena dengan nikmat-Nya kita dapat bertemu kembali dalam acara kurma yaitu Kultum Ramadhan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, yang kita nantikan syafaatnya pada akhir jaman nanti.
Sobat Ramadhan…
Salat menjadi bagian yang paling pokok dalam ibadah kita dan merupakan amal yang paling awal dihisab oleh Allah SWT. Lalu, apa saja keutamaan salat berjamaah?

Salat berjamaah ialah peningkatan dari salat munfarid (salat yang dikerjakan sendirian). Pahala salat berjamaah lebih besar, terutama jika dilakukan di masjid. Secara syariah jamaah atau berjamaah adalah salat bersama-sama lebih dari satu orang. Ada yang bertugas menjadi imam, seorang lagi menjadi makmum.

Rasullullah SAW bersabda:
Dari Abu Umamah, ia berkata: “Seseorang datang dan tidak mendapatkan salat. Maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya, ‘Salatlah’ Lalu bersabda, ‘Adakah seseorang yang hendak bersedekah, salatlah bersamanya?’ Maka berdirilah seseorang dan salat bersamanya. Maka Rasulullah SAW bersabda, ‘Inilah jamaah.” Ath-Thabrani, Al-Mu’jam Alkabir, VII: 285, no. 7091.

Lalu apa saja keutamaan salat berjamaah dan tepat waktu? Mengenai keutamaan salat berjamaah. Rasulullah SAW menetapkan ukuran dengan kelipatan, kemudahan, jumlah yang berjamaah, hingga jarak pejalanan menuju berjamaah semua dinilai pahala dan keutamaan termasuk dari semua pekerjaan yang akan melancarkan dan mengkhusyukkan salat berjamaah.

Berikut ini beberapa keutamaan salat berjamaah:

  1. Menjadi syiar bagi masyarakat

Keutamaan salat berjamaah di masjid salah satunya adalah dapat bersilaturahmi dengan muslim saleh lainnya. Salat berjamaah merupakan lembaga pendidikan atau lebih tepat disebut laboratorium pendidikan yang sangat besar manfaatnya.

Kita akan berkembang bersama orang-orang yang memiliki tradisi yang saleh. Yakni orang-orang yang memiliki tanggung jawab yang besar kepada Allah SWT. Maka, kita pun akan menjadi orang saleh yang sejati.

  1. Meningkatnya kualitas salat
    Kualitas salat terdiri dari dua tahap yaitu sahnya salat dan diterimanya salat. Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa membeli baju seharga sepuluh dirham, sedangkan padanya terdapat satu dirham berupa uang haram, Allah tidak akan menerima salatnya selama ia mengenakan baju tersebut,” (HR. Ahmad dari Ibnu Umar)

“Barang siapa meminum seteguk khamr, ia tidak akan diterima salatnya selama empat puluh hari.” (HR. Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Darimi).
Tentu salat berjamaah harus dilakukan pada awal waktu dan di masjid. Seorang Muslim harus mempelajari kekhusyuk-an dalam salat.

  1. Pahala Salat Berjamaah

Keutamaan salat berjamaah dibandingkan salat sendirian adalah pahalanya lebih besar. Dalam buku Mutiara Shalat Berjamaah: Meraih Pahala 27 Derajat oleh M. Nurkholis menyebutkan bahwa salat sendirian diibaratkan seperti domba yang terpisah dari kawanannya sehingga serigala dengan mudah dapat menerkam dan memangsanya.

Sedangkan seseorang yang melaksanakan salat jamaah, ibarat kawanan domba yang kompak sehingga serigala tidak berani menyerangnya secara langsung.
Berikut hadist yang menjelaskan keutamaan salat berjamaah dibandingkan dengan salat sendirian yang dikutip dari Islam.nu.or.id:

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Artinya: “Salat berjamaah melampaui salat sendirian dengan (mendapatkan) 27 derajat.” (HR. Bukhari)

  1. Dijauhkan dari sifat munafik
    Keutamaan shalat berjamaah adalah dijauhkan dari sifat munafik. Karena diantara sifat orang munafik adalah yang bermalas-malasan dalam salat. Seperti yang tertuang dalam surat An-Nisa ayat 142:

إنَّ المُنَفِقِيْنَ يُخَدِعُوْنَ اللهَ وَهُوَ خَدِعُهُمْ وَإذَا قَامُوا إلىَ الصَّلاَةِ قَامُوْا كُسَالَى يُرَاءُوْنَ النَّاسَ وَلاَ يَذْكُرُوْنَ اللهَ إلاَّ قَلِيْلاً

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah. Dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk salat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya’ (dengan sholat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” (An-Nisa: 142)

Dan dalam sebuah hadist Nabi bersabda:

“Tidaklah ada salat yang lebih berat bagi orang-orang munafik melebihi salat Shubuh dan Isya’. Dan seandainya mereka mengetahui pahala pada keduanya, niscaya mereka akan datang (berjama’ah) meskipun dengan merangkak.” (Muttafaqun ‘Alaih)

  1. Diampuni Dosanya oleh Allah SWT

Keutamaan salat berjamaah bagi wanita dan laki-laki sama-sama diampuni dosanya oleh Allah SWT. Sebagaimana Rasulullah bersabda:

إِذَا قال اْلإِمَامُ (غَيْرِ اْلمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَالضّآلّين) فَقُوْلوُا : آمين, فَإِنَّهُ مِنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلُ اْلمَلاَئِكَةِ غَفِرَ لَهُ ماَتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ — رواه البجارى و مسلم

“Jika imam mengucapkan “Ghoiril maghdhubi ‘alaihim waladhdholliin”, maka ucapkan amin, karena sesungguhnya siapa yang mengucapkan amin bersamaan dengan ucapan malaikat maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”
Demikian tadi 5 keutamaan shalat berjamaah di masjid. Semoga apa-apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua dan menjadi bekal yang akan kita gunakan untuk mengamalkan shalat berjamaah.
Demikian yang bisa saya sampaikan, apabila ada tutur kata yang tidak berkenan saya mohon maaf, terima kasih atas perhatiannya. Jazakumullah khairan katsiron.
Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Oleh Ush Sri Wahyuni Waka Bidang Humas SMPIT INSAN MULIA

Tebarkan Kebaikan
whatsapp