Layaknya mengecek kondisi mobil saat perjalanan, perangkat pembelajaran pun disupervisi

Sahabat Inmul yang berbahagia…

Layaknya hendak berpergian mengendarai sebuah mobil, mulai dari sebelum keberangkatan hingga di tengah perjalanan pun, kita senantiasa memastikan kendaraan yang dipakai dalam keadaan prima, agar kita bisa sampai tujuan selamat dan tepat waktu.

Begitu juga manajemen SMPIT Insan Mulia Pati, dalam upaya menjaga kualitas pembelajaran senantisa mengawal proses pembelajaran melalui kegiatan supervisi perangkat pembelajaran, agar output pendidikan yakni siswa – siswi yang memiliki karakter Mulia (Mandiri, Unggul, Luhur, Islami dan Akhlaqul karimah), terlebih lagi SKL (Standar Kompetensi Lulusan) Sekolah Islam Terpadu yang harus tercantum dalam perangat pembelajaran.

Berawal saat rapat kerja sebelum memasuki tahun pelajaran baru 2021/2022, Ustadz-Ustadzah SMPIT Insan Mulia, sudah diminta untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran. Adapun kegiatan supervisi pembelajaran ini, dilaksanakan secara bergelombang yang dimulai dari awal bulan agusutus hingga nanti bulan September 2021 diharapkan sudah selesai untuk semester 1.

Bertempat di ruang kelas 7A, sesuai jadwal supervisi yang telah dibagikan, dengan dibantu oleh wakil kepala sekolah Ustadzah Diah, dan Ustazah Ninik, Ustadz Nanang Kosim, kepala sekolah SMPIT Insan Mulia, mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tajam untuk membedah perangkat pembelajaran yang disampaikan oleh ustadz ustadzah yang bertugas, mulai dari PROTA, PROMES, RPP, dll.  semuanya diteliti dengan seksama dan diberikan koreksi apabila diperlukan.

Supervisi dilaksanakan utk memastikan kesiapan semua guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara daring selama satu semester ini, juga memastikan semua guru mampu merencanakan pembelajaran dalam RPP dengan pendekatan TERPADU. (Telaah, eksplorasi, rumuskan, presentasi, aplikasi, duniawi dan ukrawi). 

Setiap akhir pembelajaran semua guru harus mampu menguraikan kaitan materi pelajaran dengan manfaat duniawi agar siswa mempunyai kesadaran bahwa apa yg dipelajari betul-betul bermanfaat utk kehidupan, juga agar siswa mempunyai obsesi masa depan yang baik untuk memberikan manfaat bagi org lain. Selain manfaat duniawi, setiap guru harus mampu mengaitkan materi pelajaran dengan manfaat ukhrawi. Setiap materi harus mampu mengantarkan menuju kebahagiaan di akhirat.

Sehingga dari kegiatan supervisi ini diharapkan proses pembelajaran yang dilasanakan di SMPIT Insan Mulia, dapat terlaksana dengan maksimal.(AP)

Tebarkan Kebaikan
whatsapp