MEMBANGUN ROMANTISME DALAM KELUARGA (5)


CIUMAN DAN BELAIAN MESRA

========================

Diriwayatkan dari Urwah Bin Zubair RA, ia meriwayatkan dari Sayyidah Aisyah RA, ia berkata:

قلما كان يوم – أو قالت قل يوم – إلا كان رسول الله -صلى الله عليه وسلم- يدخل على نسائه فيدنو من كل امرأة منهن فى مجلسه فيقبل ويمس من غير مسيس ولا مباشرة » قالت « ثم يبيت عند التى هو يومها

Artinya : “Hampir setiap hari Rasulullah SAW mengunjungi semua istrinya, lantas mendekatinya satu per satu di tempatnya (rumah). Kemudian Rasulullah SAW mencium dan membelainya tanpa bersetubuh atau berpelukan.” Aisyah berkata, “Lantas beliau menginap di (rumah) istri yang mendapat gilirannya.” (HR Daruquthni [nomor 3781]). Hadits senada juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad (nomor 24809), Imam Al-Hakim (nomor 2710), Abu Dawud (nomor 1823) dan At-Thabrani dalam Al-Mu’jamul Kabir (nomor 19577)

Dari hadis ini kita menyaksikan betapa perhatian beliau dalam menciptakan kemesraan bersama istri-istrinya. Sentuhan-sentuhan kecil itu begitu berkesan sampai membuat Sayyidah Aisyah ra. terkenang.

Belaian adalah ungkapan kasih sayang. Kelembutan dan gerakan lembut jari jemari di kepala akan memunculkan ketenangan dalam jiwa. Keteduhan jiwa ini akan menjalar ke dalam lubuk hati, memunculkan kepercayaan dan kasih sayang antara dua insan.
Demikian pula kecupan, hal ini akan menyalurkan energi positif, sebab kecupan adalah ungkapan kepedulian dan kasih sayang. Ciuman adalah bentuk komunikasi non verbal. Itulah yang menjadikan setiap orang akan merasakan lebih dekat, romantis, dan saling percaya satu sama lain. Saat berciuman, hormon kortisol akan berkurang dan tergantikan oleh hormon yang bisa membuat seseorang merasa bahagia, seperti dopamin, serotonin, dan oksitosin. Inilah yang menyebabkan salah satu hikmah berciuman bisa menghilangkan stres.

Itulah diantara hikmah aktifitas ini. Hal ini sangat bermanfaat dalam membangun kemesraan pasangan suami istri. Sebagaimana Rasulullah saw yang setiap hari mendatangi istrinya untuk sekedar mencium dan membelai, bagaimana kalau anda lakukan ini. Setiap pagi sebelum berangkat kerja jangan lupa tinggalkan ciuman dan belaian kepada istri anda. Tentunya istri yang baik bersiap melepas kepergian suami dalam mencari nafkah dalam kondisi sudah bersih dan memakai wewangian agar suami juga bisa menikmati kondisi yang berkesan.

Anda juga bisa membangun romantisme ini di waktu malam menjelang tidur. Secapek apapun kondisi anda, sengantuk apapun mata anda, sempatkan untuk sekedar membelai rambut istri sambil ngobrol-ngobrol kecil aktifitas anda. Juga biarkanlah istri anda mengungkapkan keluh kesahnya, capeknya mengurus rumah dan anak-anak.

Hal ini insyaallah akan menjadikan hati pasangan tertambat di dalam hati anda. Kasih sayang, kepercayaan dan kedekatan hati ini yang akan menjadikan anda selalu dirindukan pasangan anda ketika anda tidak ada.

Bagi istri, jangan dikira hal ini hanya menjadi tugas suami. Apa yang anda rasakan indah, tentunya indah pula dirasakan pasangan anda. Oleh karena itu, jangan nunggu anda diberi. Jadilah orang yang pertama memberi. Jangan hanya berharap, jadilah orang yang pertama mewujudkan harapan.

Semoga Allah swt. selalu menjalin hati setiap pasangan. Menjadikan keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah sampai surga.

🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹

Pati, 29 Oktober 2020
Pelayan SMPIT INSAN MULIA BOARDING SCHOOL PATI, JATENG
👉nanangpati@yahoo.co.id👈

Tebarkan Kebaikan
whatsapp