MENGHAFAL ADALAH MENGULANG

Allah swt berfirman :

{وَلَقَدْ آتَيْنَاكَ سَبْعًا مِنَ الْمَثَانِي وَالْقُرْآنَ الْعَظِيمَ (87)

Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al-Qur’an yang agung. (QS. Al Hijr; 87)

Hakikat menghafal pada dasarnya adalah mengulang-ulang apa yang telah dibaca. Kalau beberapa ayat diulang-ulang secara kontinyu insyaallah akan tersimpan dalam memori otak sehingga lancar ketika dibaca. Lihatlah emak-emak yang aktif dalam jamaah yasinan. Bisa jadi mereka tidak pernah berniat menghafal surat yasin, bahkan bisa jadi pula ada diantara mereka yang tidak bisa membaca Alquran, namun karena mareka rutin mengulang bacaan surat yasin setiap pertemuan maka mereka menjadi hafal. Semakin banyak pengulangannya, insyaallah semakin lancar pula hafalannya.

Yang terjadi, kadang seorang penghafal Quran baru mengulang beberapa kali sudah merasa banyak, ketika belum lancar kemudian merasa mentok, kemudian memfonis dirinya tidak berbakat menghafal. Memfonis seakan-akan Alquran susah dihafal. Padahal aslinya hanya soal pengulangan saja yang kurang banyak.

Bagi para penghafal Alquran, pengulangan itu bisa dibuatkan momentum khusus. Misal kita mendapatkan hafalan baru satu halaman. Maka satu halaman itu bisa dibaca dalam setiap solat sunah rawatib. Bayangkan, kalau sebelum subuh kita ulang dua kali dalam dua rakaat shalat sunah qabliyah subuh, sebelum dan sesudah shalat duhur kita ulang masing-masing dua kali, setelah maghrib dua kali, setelah shalat isyak dua kali, berapa pengulangan ayat itu dalam sehari??? Belum lagi kalau kita baca juga dalam shalat dhuha, dalam qiyamullail atau shalat rawatib yang ghairu muakkad, tentunya semakin lancar hafalan itu. Bagaimana kalau yang satu halaman itu kita konsisten selama satu pekan, berapa kali pengulangan???

Inilah tip’s sederhana untuk menghafal Alquran dengan meraih keberkahan dalam setiap pengulangan-pengulangan ibadah kita. Alquran menjadi hiasan dalam shalat-shalat kita. Insyaallah penuh dengan keberkahan. Maktub!!!

Allahummarhamna bil quran

  • Perjalanan Jakarta-Pati
  • 11/12/2019
  • Hamba Allah

nanangpati@yahoo.co.id

Tebarkan Kebaikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

whatsapp