Menghiasi Ramadhan dengan Tabungan Ibadah

RAMADHAN adalah suatu momen paling istimewa yang disediakan Allah SWT kepada kaum muslimin. Mengapa demikian? karena bulan Ramadhan memiliki banyak fadhillah yang tidak dimiliki bulan lainnya. Allah SWT menyediakan berbagai fadhillah ini kepada orang-orang yang memperbanyak ibadah dan mengindahkan hari-harinya dengan hal yang lebih produktif di bulan Ramadhan. Inilah rahmat dan nikmat Allah SWT yang diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang memanfaatkan momen ini dengan memperbanyak ibadah.

Ada banyak keutamaan yang hanya ada pada bulan suci Ramadhan. Oleh karena itu ibadah di bulan Ramadhan harus lebih ditingkatkan lagi. Ibaratnya di hari-hari biasa kita hanya melakukan ibadah sebanyak 50%, di bulan Ramadhan kita tingkatkan menjadi 100%.

Keutamaan-keutaman bulan Ramadhan begitu banyak. Jika kita masih dipertemukan dengan Ramadhan artinya kita adalah manusia yang beruntung, karena di bulan itu segala amalan akan dilipatkan ganjarannya.

Ada banyak keutamaan bulan Ramadhan. Keutamaan tersebut sudah dijelaskan dalam beberapa hadis.

Ramadhan yang merupakan bulan penuh keberkahan ini tentunya menjadi salah satu bulan yang dinantikan umat Islam. Apalagi terdapat banyak fadhillahnya, di antaranya:

1. Bulan yang penuh berkah

Keutamaan yang pertama adalah bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan barokah. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ


Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah…” (HR. Ahmad)

Barakah artinya adalah ziyadatul khair; bertambahnya kebaikan. Di bulan Ramadhan, banyak kebaikan yang bertambah dan meningkat.

Berdasarkan fenomena di lapangan yang kita lihat, Ramadhan memang penuh dengan keberkahan. Meningkatnya omset para pedagang dan pengusaha serta THR bagi karyawan dan pegawai mungkin adalah bagian dari keberkahan bulan Ramadhan. Semua orang berbondong-bondong untuk membeli makanan dan minuman untuk berbuka, toko swalayan dipenuhi orang-orang yang mencari jajanan lebaran, dan masih banyak lagi.

Sedangkan meningkatnya ibadah, puasa Ramadhan, shalat tarawih, semakin banyak tilawah dan sedekah adalah bagian dari keberkahan Ramadhan yang lebih besar lagi. Di bulan suci ini tentu banyak yang berlomba-lomba dalam kebaikan, bahkan ada pula yang sudah menyiapkan target Ramadhan yang harus dicapainya.

2. Diwajibkannya puasa

Salah satu keutamaan Ramadhan, di bulan ini umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Sehingga Ramadhan juga disebut sebagai syahrush shiyam. Sebagaimana dalam rukun Islam terdapat rukun puasa yang demikian itu hanya ada dalam bulan Ramadhan.

Lanjutan hadits di atas berbunyi:

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ


Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa…” (HR. Ahmad).

3. Pintu surga dibuka

Pada bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, lanjutan hadits di atas:

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ يُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ


Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga…” (HR. Ahmad)

Fadhillah dari bulan Ramadhan memang masih sangat banyak. Jika kita tahu, pasti kita akan haus untuk memperbanyak ibadah bahkan dapat memicu semangat kita untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Oleh: Usth. Rini Puspitasari

Tebarkan Kebaikan
whatsapp