TETAP PRODUKTIF DI BULAN RAMADHAN

Oleh : Ismah Fatkhawati, S. Pd

Bulan ramadhan telah tiba, saatnya kita berlomba lomba dalam kebaikan. Menahan lapar dan haus saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan tidak jarang membuat kita mager (males gerak) untuk melakukan banyak aktivitas. Rasanya ingin bersantai atau bahkan tidur seharian. Namun, hal tersebut tidak disarankan, karena puasa sendiri mendapatkan kedudukan yang tinggi dalam syariat Islam. Islam menganjurkan agar manusia memanfaatkan waktu dan kesempatan yang dimiliki sehingga ia tidak termasuk golongan orang yang merugi. Sebagaimana  dalam Al-Quran Surat Ashr :

Artinya : “Demi masa (1), sungguh, manusia berada dalam kerugian (2), kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran (3)”.

Kerugian disini dapat diartikan, jika dalam bulan Ramadhan tidak kita isi dengan hal yang produktif maka kita termasuk orang yang merugi. Kenapa kok bisa merugi? karena kita tahu bahwa bulan ramadhan merupakan bulan yang Istimewa, di mana umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Sehingga Ramadan, dapat dijadikan  momentum untuk meningkatkan produktivitas.

Lalu, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan saat bulan Ramadan agar tetap produktif ?. Berbicara mengenai produktif, semua itu tidak berbicara hanya tentang bekerja selama berjam-jam. Namun, produktif sendiri segala aktivitas yang dapat diselesaikan secara efisien dan memiliki nilai manfaat untuk seseorang. Perubahan pola aktivitas yang dilakukan sehari-hari selama Ramadan, setidaknya akan mengubah kegiatan harian dan membutuhkan penyesuaian. Ada beberapa tips dari berbagai sumber yang kami sajikan agar saat menjalankan puasa tetap produktif dalam bekerja. Yuks kita simak tips berikut ini!

Sahur dengan nutrisi yang cukup 

Konsumsi makanan tinggi nutrisi adalah salah satu kunci agar kita tetap kuat saat berkegiatan saat puasa, pasalnya dengan nutrisi yang seimbang badan akan siap menjalani kegiatan sehari-hari walaupun sedang berpuasa..  

Tidur dengan cukup 

Saat malam hari kita bisa tidur lebih awal, agar tidak terlewat waktu sahur. Jika pada siang hari lelah, bisa luangkan tidur sejenak. Jangan terlalu lama ya? Karena justru bisa membuat kita terasa lemas

Rencanakan jadwal harian dengan baik

Buat jadwal kegiatan harian yang sesuai dengan jadwal ibadah dan waktu berbuka puasa. Prioritaskan pekerjaan yang paling penting dan lakukan pada waktu yang tepat.

Gunakan waktu luang untuk ibadah

Kita bisa memanfaatkan waktu luang untuk beribadah, seperti membaca Al-Qur’an, melakukan zikir, atau mengikuti kegiatan keagamaan di masjid atau rumah.

Olahraga

Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau senam ringan dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

Semoga dengan tips tersebut, kita dapat tetap sehat dan produktif selama bulan puasa. Aamiin ….

Tebarkan Kebaikan