Tips Menggunakan Smartphone

Assalamu’alaikum Warahmatullahhi Wabarakatuh.

Puji beserta syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan beribu-ribu nikmat.

Tidak lupa solawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, beserta sahabat. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya, dan mendapat petunjuk hingga hari kiamat nanti.

Pada Kultum Ramadhan kali ini perkenalkan nama saya Khoirus Sahal mengampu mata pelajaran TIK / Prakarya di SMPIT Insan Mulia Pati. Perkenankan saya menyampaikan beberapa Tips Bijak dan Smart menggunakan SmartPhone.

Hari gini siapa sih yang nggak punya smartphone? Kemudian, Indonesia menempati posisi keempat dengan 170,4 juta pengguna smartphone. Penetrasi smartphone di dalam negeri telah mencapai 61,7% dari total populasi. Hal ini menunjukkan bahwa animo masyarakat Indonesia pengguna smartphone sangat tinggi. Namun, apakah tingginya jumlah ini meningkatkan produktivitas pengguna smartphone sendiri? Atau malah membuat produktivitas menurun? Membuat lupa akan ibadah dan kewajiban kita? Atau bahkan yang lebih parah lagi anggapan kalau tidak bisa hidup tanpa smartphone??

Mungkin harus dilakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui jawabannya. Yang terpenting adalah pengguna smartphone yaitu kita harus bisa lebih smart dalam memanfaatkan smartphone tersebut.

Bagaimana caranya? Simak tips-tips berikut ini.

 1.    Gunakan aplikasi yang menunjang aktivitasmu

Dalam layanan playstore pada smartphone, terdapat banyak sekali aplikasi menarik yang ditawarkan. Mulai dari aplikasi media sosial, fotografi, hingga aplikasi penunjang performa smartphone. Dari banyaknya aplikasi yang ditawarkan, kita harus pandai memilih mana saja yang sebenarnya kita butuhkan. Ini bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan dari smartphone tersebut. 

2.    Gunakan ketika kamu membutuhkan

Banyak sekali orang yang menggunakan smartphone-nya ketika berkendara. Ini sangat tidak aman bagi keselamatan pengguna kendaraan di jalan. Selain itu, ketika berkumpul bersama kawan ada-ada saja yang masih terfokus pada smartphone-nya. Atau waktu beribadah malah bermain smartphone. Sebagai pengguna smartphone yang smart, seharusnya kamu tahu kapan harus menggunakan alat itu dan kapan harus meninggalkannya sejenak untuk sesuatu yang lebih penting. 

3.    Manfaatkan pada waktu senggang

Ketika dirumah sendirian atau setelah mengerjakan tugas, kamu bisa memanfaatkan smartphone-mu untuk membaca alquran atau mencari informasi dan taujih dari ustad dan ustadzah di youtube SMPIT Insan Mulia Pati. Dan bisa mendengarkan murotal dan shalawat lewat SmartPhone kamu.

نِعْمَتَانِ مَغْبُوْنٌ فِيْهِمَا كَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ: الصِّحَّةُ وَالفَرَاغُ

“Dua nikmat yang banyak manusia tertipu di dalam keduanya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang.” (HR. Bukhari, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

4.    Gunakan untuk berbagi

Berbagi bisa sangat mudah ketika kamu notice terhadap hal-hal kecil di sekitarmu. Ketika menemukan informasi menarik, kamu bisa membagikannya dengan kawan-kawanmu melalui aplikasi media sosial di smartphone-mu.Dan juga menshare informasi sebagai bahan syiar kita. Jadi, selain menjadi pengguna smartphone yang bijak, kamu juga bisa menjadi pengguna media sosial yang bijak. 

5.     Ingatlah bahwa smartphone itu hanya alat

Kehadiran teknologi dalam kehidupan manusia sesungguhnya adalah untuk memudahkan aktivitas manusia. Bukan malah mengubah pola hidup manusia menjadi kurang produktif dan hanya terfokus pada hal-hal yang kurang bermanfaat. Tidak jarang orang menggunakan smartphone-nya secara berlebihan dan seolah tidak mau terlepas darinya. Bahkan sampai melupakan sholat karena keasyikan menggunakan Smartphonenya.

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّ وَعْدَ اللّٰهِ حَقٌّ فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَاۗ وَلَا يَغُرَّنَّكُمْ بِاللّٰهِ الْغَرُوْرُ

“Wahai manusia! Sungguh, janji Allah itu benar, maka janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan janganlah (setan) yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah”.

Mohon maaf jika banyak kata-kata saya yang salah dan banyak kekurangan, ambil baik dari pembahasan tadi dan buang hal yang buruknya.

Wabilahitaufik Walhidayah. Wassalamua’alaikum Wr.Wb

Oleh : Ust. Khoirus Sahal, S. Kom

Tebarkan Kebaikan
whatsapp