Tayang Perdana, SMPIT Insan Mulia Pati Gelar PAT & Akhirussanah Online

SMPITINSANMULIA.SCH.ID, Pati (09/06) – Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, ada yang berbeda dari PAT (Penilaian Akhir Tahun) dan acara Akhirussanah atau Wisuda Kelulusan siswa-siswi kelas IX SMPIT Insan Mulia Pati kali ini, karena diselenggarakan secara online ditengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia.

Meskipun begitu, PAT dan Akhirussanah tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang telah direncanakan panitia dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Adapun teknologi yang digunakan untuk kelangsungan PAT yakni aplikasi Google Classroom, sedangkan acara Akhirussanah panitia memanfaatkan aplikasi Zoom Cloud Meetings, dan disiarkan secara langsung via Facebook dan Youtube SMPIT Insan Mulia Pati.

Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang berlangsung dari tanggal 2-9 Juni 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya dilaksanakan didalam ruang kelas dan dipenuhi siswa-siswi untuk mengerjakan soalnya namun PAT tahun ini diselenggarakan secara online yang bisa dikerjakan dimanapun siswa-siswi kelas VII & VIII berada dengan memanfaatkan teknologi, mengingat kondisi yang belum stabil akibat pandemi Covid-19.

Selama PAT berlangsung tentunya peran orang tua sangatlah penting untuk terus memberi motivasi kepada putra-putrinya sehingga anak-anak tetap percaya diri dan selalu mengedepankan sifat jujur guna menghindari segala macam bentuk kecurangan dalam menyelesaikan soal-soal ujian yang diberikan.

Dalam pada itu, meskipun digelar secara online ditengah pandemi Covid-19 SMPIT Insan Mulia Pati juga menyelengggarakan acara Akhirussanah atau Wisuda Kelulusan bagi siswa-siswi kelas IX pada hari Jum’at, 5 Juni 2020. Acara yang bertajuk “Ditengah Pandemi Covid-19 Tetap Qur’ani, Kreatif, dan Mandiri” berlangsung selama kurang lebih 1 jam yang dimulai pada pukul 09.00 WIB. Panitia memulai siaran langsung dari Aula Pertemuan SMPIT dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh perwakilan siswa dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, perwakilan orang tua, pembacaan daftar kelulusan peserta didik, penyerahan plakat dan ijazah secara simbolik, lalu diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada siswa-siswi berprestasi yang telah berhasil memperoleh hafalan Al-Qur’an terbanyak dan nilai rata-rata raport tertinggi.

Sedikitnya ada 6 siswa-siswi yang mendapatkan prestasi gemilang pada acara Akhirussanah tahun ini, diantaranya adalah ananda M Edwi Tsanystya Raihan dan Fairuz Zahiroh Romadhoni yang telah berhasil mendapatkan peringkat pertama Putra-Putri dengan nilai rata-rata tertinggi. Selain mendapatkan nilai tertinggi, ananda Fairuz Zahiroh Romadhoni juga berhasil menjadi salah satu siswi yang memperoleh hafalan Al-Qur’an terbanyak selain ananda Asy Syifa’ Najla Khoirunnisa, Farah Hasna Tsabita, Aulia Husna Zakiyah, dan Chalysa Laili Marshaniswa.

“Dari sini kita semua bisa melihat bahwa sekolah kita berkomitmen dalam menyiapkan generasi unggul yang berakhlak mulia (akhlaqul karimah). Tidak hanya dalam hal akademik, melainkan juga dalam urusan keagamaan yang menjadi hal penting dalam kehidupan nantinya”, tutur Ustadz Nanang Kosim selaku Kelapa Sekolah.

Tebarkan Kebaikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

whatsapp